Tips Sederhana Cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama



1. Jangan sering mencabut pasang baterai laptop

Tips yang pertama adalah jangan sering mencabut pasang beterai laptop, jika memang tidak perlu, cabut saja jika memang laptop error atau akan melakukan reparasi.

Terlalu sering mencabut pasang baterai laptop bisa membuat baterai mu cepat rusak. Biasanya baterai akan menjadi cepat habis saat digunakan dan bisa saja cepat terisi penuh saat di cas.


2. Cas dalam keadaan Laptop hidup

Untuk melakukan pengisian daya atau charging terhadap baterai laptop mu, alangkah baiknya kalau laptop dalam keadaan hidup. Ini menurut bang ripiu.. Karena pada saat laptop hidup, kamu dengan mudah bisa mengetahui kalau baterai yang dicas telah penuh. Dan setelah mengetahuinya, Anda pun harus mencabutnya.

Kalau ada yang mengatakan bahwa ngecas laptop itu bagusnya dalam keadaan mati, ya silahkan diikuti kalau kamumau. Cuma bang ripiu berpendapat bahwa laptop itu tidak sama dengan HP, yang HP itu memang lebih baik dicas dalam keadaan mati. Sebab pengontrol daya baterai pada laptop tidak sebaik HP. Jadi, kalau kamu memaksakan mengisi daya untuk laptop mu dalam keadaan mati, dikhawatirkan saat pengontrol daya laptop telah bermasalah, maka pengisian daya di baterai kamu menjadi over alias berlebihan.

3. Kalau Baterai Laptop Sudah panas, Matikan Laptop

Tips yang ketiga adalah, kamu  harus mematikan dan mengistirahatkan  laptop mu kalau kiranya telah panas. Untuk mengetahuinya, silahkan sentuh saja pada bagian baterai laptopnya. Kalau panasnya telah berlebihan, ya berarti kamu harus menghentikan sesaat kegiatan mu.

Kalau kamu tetap  memaksa laptop mu dalam keadaan panas seperti itu, dikhawatirkan baterai akan melembung/membengkak, baterai tidak mau mengisi, yang pada akhirnya akan rusak. Tips dari saya, gunakan juga kipas pendingin laptop agar suhu laptop mu tidak terlalu panas saat digunakan.

Sebenarnya tidak ada cara pasti agar baterai menjadi tahan lama, bagi saya kualitas baterai itu tergantung dari pabrik dan juga pemakaian. Contohnya hp saya sama temen saya sama, belinya juga bareng, tapi baterai saya melembung duluan. Walaupun begitu jaga baik-baik baterai mu supaya gak boros duit buat beli baterai baru.

Baiklah sampai sini dulu artikel kali ini, jangan lupa share jika menurutmu artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Tips Sederhana Cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama"

Post a Comment

Silahkan berkomentar tanpa menyinggung SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel