Cara Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10

Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10
Gambar WiFi

Cara Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10 - Alasan saya menulis artikel ini bukan tanpa sebab, karena tujuan saya menulis artikel ini agar teman-teman bisa terbantu masalah terkait wifi yang tidak mau terhubung. Sebab banyak teman saya yang bertanya kepada saya bagaimana memperbaiki wifi yang tidak mau terhubung.

Sebenarnya untuk memperbaikinya bisa dilakukan sendiri dengan mencari artikel bagaimana memperbaiki wifi laptop yang tidak mau terhubung, solusi wifi laptop tidak mau terhubung dan lain sebagainya.

Penyebab Wifi Laptop tidak Mau Terhubung

Sebelum masuk ke dalam penjelasan cara memperbaikinya, kamu perlu tau penyebab kenapa wifi laptopmu tidak mau terhubung atau tersambung. Berikut penyebabnya :
  • Ada IP Address yang terhubung di Laptopmu
  • Ada Proxy yang terhubung di laptopmu
  • Wifi di laptopmu dalam keadaan disable
  • Driver laptop usang, hilang atau rusak
  • Wifi adaptermu mengalami kerusakan
Memang banyak, maka dari itu kamu harus jeli dalam menemukan akar masalah yang menjadi penyebab mengapa wifi laptopmu. Tapi tenang saja, jika kamu mengikuti tutorial di artikel ini, kemungkinan masalah wifi laptop yang tidak mau terhubung di windows 7/8.1/10 bisa teratasi.

Toturial yang saya tulis ini bisa digunakan juga untuk memperbaiki wifi laptop di Windows 7,8, dan 10. Hanya saja berhubung laptop saya Windows 8.1 jadi tutorial ini menggunakan Windows 8.1.

Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Mau Terhubung

Sebelumnya perlu saya ingatkan. Pastikan jika wifi yang akan kamu pakai benar-benar bisa digunakan, caranya bisa dengan menghubungkan wifi tersebut ke HP atau Laptop lainnya.

1. Ada IP Statik yang Terpasang di Laptopmu

  1. Masuk ke dalam dalam Control Panel, caranya klik kanan logo Windows - pilih control panel 
    Cara Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10
    Control Panel
  2. Kemudian pilih Network and Sharing Center - Change adapter setting, hingga muncul tampilan seperti di gambar 
    Cara Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10
    Network Connections
  3. Pastikan apakah gambar dengan tulisan Wi-Fi berwarna atau tidak, jika tidak artinya Wi-Fimu disable. Cara mengatasinya adalah klik kanan gambar Wi-Fi - pilih enable
  4. Jika dalam keadaan enable, artinya kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya. Klik kanan - properties - pilih Internet Protocol Version 4. Pastikan bahwa kolom nomor 2 seperti yang ada di gambar
    Cara Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10
    TCP/IPv4 Properties

  5. Pilik OK, kemudia coba hubungkan kkembali Wifi-mu tadi, berhasil kan ?

2. Masih ada Proxy di Pengaturan Koneksi Laptopmu

  1. Cara untuk memperbaiki masalah proxy ini hampir sama seperti tadi, hanya saja pada bagian Network and Sharing Center, kamu hanya perlu memilih Internet option seperti di gambar 
    Cara Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10
    Internet Option
  2. Selanjutnya pada jendela Internet option, pilih Connection -  LAN Setting. Pastikan proxy di laptopmu menggunakan pengaturan otomatis seperti di gambar 
    Cara Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10
    Pengaturan Proxy
  3. Selanjutnya pilih OK, dan coba hubungkan ulang Wifi laptopmu

3. Driver Wifi Laptopmu Rusak atau Hilang

Jika kamu baru saya install ulang operasi sistem di laptopmu wajar jika driver wifi-nya hilang atau rusak, saya pun sering mengalami begitu. Untuk memperbaikinya kamu bisa menginstall drivermu dengan menggunakan aplikasi Driver Booster atau DirverPack.

4. Wifi Adapter Laptopmu Mengalami Kerusakan

Jika semua cara di atas tidak bisa, besar kemungkinan bahwa wifi adapter yang berfungsi sebagai penerima jaringan wifi  di laptop kamu mengalami kerusakan. Jika seperti itu mau tidak mau kamu harus membawa laptop kesayanganmu ke tempat servis laptop. Untuk harga perbaikannya sendiri saya kurang tau sebab saya belum pernah memperbaiki wifi adapter yang rusak.

Opsi lainnya kamu bisa membeli wifi adapter eksternal, yang menurut saya harganya tergolong murah dan tidak begitu menguras dompet karena hanya 60- 100 ribuan saja. Saya juga menggunakan wifi adapter eksternal dari TP-LINK TL-WN321G yang memiliki kecepatan hingga 54Mbps. Berikut penampakannya 
Cara Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10
TP-LINK TL-WN321G
Jika ada pertanyaan seputar wifi laptop yang tidak mau terhubung, bisa tulis pertanyaanmu di kolom komentar. Jangan lupa bahwa tutorial ini bisa digunakan untuk Windows 7,8, dan 10 dengan beberapa penyesuaian.

1 Response to "Cara Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung di Windows 7/8/10"

  1. I am come here first time, i find the perfect article. Thanks for sharing interesting and informative post. https://apexstat.net/leaderboards

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar tanpa menyinggung SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel