Berbagai Tipe Hardisk Laptop

  Mau beli laptop tapi bingung sama tipe hardisknya ? ada yang beli laptop yang kapasitas hardisknya sampai 1tb tapi  kecepatan rw nya lambat, ada yang kapasitas cuma 200gb kecepatan rw nya cepet tapi mahal. kalau bingung yuk simak artikel kali ini.

Hard Disk Drive

   Menggunakan piringan "disk" yang berputar sebagai media penyimpanannya. Saat ini tipe HDD adalah yang paling umum digunakan pada laptop maupun komputer. Biasanya menggunakan ukuran 2.5" dengan kecepatan 5400RPM (rotation per minutes) untuk yang digunakan pada laptop.

  Kapasitas yang diusungnya relatif besar, saat ini kapasitas hardisk terbesar yang dijual bebas sekitar 3TB (terabyte), dengan kapasitas yang begitu besar HDD dijual dengan relatif murah, dan kelemahannya yang umum diketahui oleh masyarakat adalah kelambatannya dalam read and write.

Solid-State Drive

  Menggunakan sirkuit flash memori sebagai media penyimpanannya dan tidak ada komponen yang bergerak (solid-state, diam) seperti yang ada pada hardisk tipe hard drive. Biasanya ada pada laptop premium atau laptop yang memiliki body tipis (ultrabook) seperti Macbook dari apple dan Surfacepro dari microsoft.

  Ada berbagai jenis mulai dari 2.5" SATA, mSATA, sampai M.2 (M.2 SATA dan M.2 PCL-E). SSD ini memiliki kecepatan read-write yang lebih cepat dari HDD namun untuk masalah kapasitas HDD masih lebih unggul dari SSD. Dan harga dari SSD sendiri biasanya lebih mahal daripada HDD.

Solid State Hybrid Drive

  Solid state hybrid drive merupakan jenis hardisk gabungan dari HDD (piringan) dan SSD (flash memory). Disini piringan digunakan sebagai media penyimpanannya dan flash memory digunakan sebagai cache. Tipe hardisk ini agak jarang digunakan, biasanya hardisk ini menggunakan ukuran 2.5" untuk laptop dan flash memorinya biasanya hanya sekita 8GB saja.

   Kapasitas yang dimiliki hardisk tipe ini besar mirip dengan hardisk berjenis HDD. Dan harganya lebih mahal dari HDD serta kecepatan rwnya lebih cepat dibanding HDD namun hanya berbeda sedikit saja. Tujuan dibuatnya tipe hardisk ini untuk jalan tengah yang ingin kapasitas besar dan kecepatan yang lebih cepat.

Embedded Multimedia Card

   Emmbedded multimedia card adalah jenis hardisk yang menggunakan teknologi seperti kartu mmc, namun bedanya eMMC ini langsung tertanam pada board. Teknologi yang digunakan oleh eMMC adalah flash memory. Hardisk tipe ini biasanya digunakan pada laptop 2 in 1 ( laptop + tablet ) dan biasanya menggunakan touchscreen. Banyak digunakan pada tablet atau smartphone.

  Kapasitas yang dibawa eMMC lebih kecil dari tipe lainnya dan yang tertinggi sekitar 256GB saja. namun kecepatannya lebih rendah daripda tipe HDD, dan kapasitasnya tidak bisa ditambah lagi, bisa ditambah dengan peralatan khusus dan menumbalkan perangkat lain. dibalik itu semua masih ada keunggulannya seperti konsumsi daya yang lebih kecil dan suaranya tidak berisik.

  Ya demikian pembahasan kita kali ini, jika ada yang salah silahkan komen agar artikel yang saya buat lebih baik lagi. jika ingin request bisa kontak ke fb, twitter atau email.

0 Response to "Berbagai Tipe Hardisk Laptop"

Post a Comment

Silahkan berkomentar tanpa menyinggung SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel