4 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membuat Blog


Dunia seputar blog memang tidak ada habisnya, blog sendiri adalah sarana untuk berbagi pengalaman pribadi, ilmu, cerita, hasil riset, dan juga sebagai tempat curhat bagi orang-orang yang suka menulis namun tidak begitu suka menorehkannya di kertas, maka blog adalah sarana terbaik untuk berbagi tulisan. Namun ada sebagian orang yang menjadikan blog adalah mata pencaharian sampingan atau malah utama. 

Jika kita serius untuk membesarkan blog kita serta memperbaiki konten yang ada, bukan hal yang mustahil untuk mendapatkan 5juta rupiah perbulan bahkan lebih. Banyak cerita blogger sukses yang bertebaran di google. Nah, walaupun informasi di google berlimpah. Masih banyak orang bingung apa yang harus diperhatikan ketika membuat blog. Oleh karena itu berikut adalah beberapa Tips bagi kamu yang ingin terjun di dunia blogging :

1. Tentukan Tujuan

Nah hal pertama yang perlu di lakukan adalah menentukan tujuan mu untuk menulis. Apakah ingin berbagi ilmu ? menyalurkan hobi ? atau malah ingin mendapatkan uang ?. Banyak blogger yang kandas di tengah jalan karena tujuan yang mereka inginkan, mungkin setelah membaca kisah sukses para blogger, maka mereka ingin ikut, setelah itu ternyata mendapatkan uang di blog ternyata sulit setengah mati, akhirnya semangat nulis hilang.

Maka dari itu kalian harus memikirkan tujuan utama menulis di blog itu apa ? jika ingin mendapatkan uang, maka kalian juga harus siap dengan segala kegagalan atau kenyataan yang berbeda deng ekspetasi.

2. Tema Blog

Untuk hal kedua yang harus di pikirkan adalah tema blog, kenapa harus tema blog sih bang ? ya karena tema blog ini mempengaruhi mood, ide dan semangat kalian untuk nulis di blog. Coba sekarang bayangin, anak dari jurusan informatika malah nulis blog tentang kesehatan karena iming-iming awal iklan blog kesehatan lebih mahal. Ehh, akhirnya ditengah jalan mentok, gak punya ide lagi buat nulis, enggak mood, enggak semangat, akhirnya enggak nerusin buat nulis di blog.

Makanya diusahakan tema blog kalian itu sajalan dengan hobi atau skill kalian. Kalau suka otomotif ya blog-nya tentang otomoti, kalau suka sejarah, ya blog-nya tentang sejarah, dengan seperti itu ide untuk nulis akan selalu mengalir, dan tentunya semangat kalian buat nulis enggak gampang luntur.

3. Nama Blog

Hal ketiga yang harus dipikirkan dengan matang adalah "nama", terlihat simple dan kebanyakan orang enggak memikirkan secara serius. Nama bagi suatu blog itu penting dan kalau bisa harus mudah di ingat dan mudah ditulis, agar orang bisa dengan mudah mencari blog kita di internet. Karena banyak nama blog yang panjang dan sulit di ingat, contohnya seperti ciptaankerenmasakini.blogcepot, atau mo-bil-keren.blogcepot. Ada baiknya jika nama blog itu satu kata, maksimal 2 kata, dan jangan ada symbol apapun. Karena itu akan mudah diingat.

Berkaca pada website atau blog besar seperti facebook, google,twitter, kaskus, codepolitan dan juga jalantikus, bahwa mereka menggunakan nama yang pendek dan paling banyak hanya terdiri dari 2 kata. Jangan lupa bahwa nama itu adalah hal yang penting.

4. Tempat Pembuatan

Tempat pembuatan yang dimaksud disini bukan tempat seperti; rumah, kantor, kuburan atau lapangan. Namun penyedia layanannya, dan untuk penyedia layanan pembuatam blog itu banyak, namun yang paling banyak digunakan adalah wordpress dan blogger.

Kedua layanan tersebut memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, jadi hal ini adalah hal yang paling penting untuk dipikirkan sebelum memulai membuat blog. Jangan sampai ditengah jalan kalian menyesal setelah memakai jasa layanan dari blogger, dan ingin pindah, tentu tidak masalah, namun akan cukup sulit dan ribet.

Jadi pikirkan baik-baik sebelum mulai membuat blog, saran saya untuk kamu yang tidak memiliki modal dan ingin pengahasilan dari blog, gunakan lah blogger, karena blogger sudah di akuisisi oleh google, sehingga bisa mendaftar adsense dengan akun hosted. Untuk wordpress, jika kita ingin mendaftarkan blog kita ke adsense, maka kamu harus membeli domain terlebih dahulu dan masuk dalam akun non-hosted di adsense.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog, semoga membantu kamu. Jika ada salah kata dan ejaan, bang ripiu minta maaf, dan tulis di komentar. Terimakasih

0 Response to "4 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membuat Blog"

Post a Comment

Silahkan berkomentar tanpa menyinggung SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel