5 Mitos Yang Salah Tentang Teknologi


Untuk penggemar teknologi atau yang hobi berbelanja smartphone, laptop maupun perangkat pc pasti pernah mendengar ketentuan-ketentuan yang membuat perangkat kita menjadi awet, atau mungkin kamu pernah juga melakukannya. Sekarang bang ripiu ingin memberitahu 5 mitos teknologi beserta alasan yang pastinya seru, ini dia :

1. Laptop gak baik dicolok terus

Mitos yang pertama ini pasti sering kan kalian denger, entar itu dari temen, orangtua, atau mas mbak penjual. Sebernya untuk laptop jadul mungkin ini masih berlaku, tapi untuk laptop sekarang sepertinya mitos itu udah gak terpakai lagi, karena laptop jaman sekarang sudah menerapkan overcharging protection yang menghentikan arus listrik ketika penuh.

Jadi tak masalah untuk terus menyambungkan laptop dengan colokan, dan juga kita memerlukan peforma maksimal bukan ? entah ketika bermain game, mengerjakan tugas ataupun ketika sedang berselancar di internet. Jadi tenang saja, untuk mitos kali ini udah gak mempan buat laptop jaman sekarang.

2. Refresh bikin laptop makin cepet

Ini termasuk salah satu mitos yang salah kaprah, masa iya di refresh bikin laptop makin cepet. Sebenarnya fungsi refresh sendiri bertujuan agar saat kamu selesai membuat file baru, folder baru atau shortcut, yang semula tidak muncul setelah kamu refresh akan muncul. Jadi jangan percaya jika temanmu menyarankan agar merefresh laptop mu supaya semakin cepat.

Solusi terbaik agar peforma laptop kembali kencang adalah dengan melakukan restart, dan perlu diketahui, restart berbeda dengan reset, jadi kamu tak perlu takut kehilangan datamu. Jika dirasa laptopmu menjadi lemot setelah seharian digunakan, kamu bisa melakukan restart agar peforma laptopmu kembali maksimal.

3. Makin banyak data makin lemot

Katanya volume data pada hardisk itu berpengaruh sama peforma hard disk, seperti volume data itu berbanding lurus dengan peforma laptop. Namun sebenarnya itu semua salah kaprah, fungsi hard disk adalah untuk menyimpan data mu dan juga file system. Untuk urusan menjalankan aplikasi itu adalah tugas ram.

Namun bukan lantas kamu boleh mengisi hard diskmu hingga penuh itu gak baik untuk system sendiri. Untuk hard disk konvensional sekiranya sisakan ruang 15% agar system bisa melakukan defrag atau yang lainnya. Jadi solusi terbaik untuk meningkatkan peforma adalah menghentikan aplikasi yang berjalan di background.

4. Ngecas baterai baru harus 8 jam

Mitos ke empat adalah ngecas laptop atau hp baru harus 8 jam agar baterai menjadi awet dan gak gampang rusak. Ini adalah mitos yang salah kaprah, karena pasalnya, baterai jaman sekarang berbeda dengan baterai jaman dulu, untuk baterai jaman sekarang kamu harus mulai ngcas jika baterai udah 30% dan dicabut sebelum 100% karena itu dapat memakasimalkan kinerja dari baterai itu sendiri.

5. Hilang dari recycle bin artinya hilang permanen

Sebenarnya data yang dihapus dari recycle bin itu gak bakal hilang dan lenyap gitu aja, data yang dihapus akan mendapat jatah antrian agar nantinya di rewrite dengan data baru, begitu seterusnya. Jadi jangan bahagia dulu jika data di recycle bin hilang.

Namun ada aplikasi yang bisa menolong mu menghapus data secara permanen, program utility ini bernama eraser, aplikasi ini akan melakukan rewrite kepada data-data mu yang terhapus tadi dengan kode binar. Cara ini banyak digunakan oleh pemerintah dan instansi keamanan untuk melindungi data mereka.

Itulah 5 mitos tengtang teknologi yang salah kaprah beserta alasannya, jangan lupa berikan komentar dan juga share artikel ini ke teman-temanmu, Terimakasih.

0 Response to "5 Mitos Yang Salah Tentang Teknologi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar tanpa menyinggung SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel