Pengertian Hardware, Jenis, Fungsi dan Contoh Hardware Komputer

Pengertian Hardware, Jenis dan Fungsi Hardware Komputer
Heatsink - RIPIUkere
Pengertian Hardware, Jenis, Fungsi dan Contoh Hardware Komputer - Komputer memiliki 3 komponen penting yang saling terhubung agar komputer bisa bekerja. Ada Hardware, Software dan Brainware. Kali ini kita akan membahas Hardware pada komputer, mulai dari pengertian Hardware, jenis-jenis Hardware dan fungsi Hardware pada komputer.

Pengertian Hardware

Hardware atau juga bisa disebut perangkat keras adalah salah satu komponen utama komputer yang bisa dilihat dengan mata, disentuh dengan tangan dan bisa diraba, serta memiliki ukuran tinggi, lebar, dan panjang.

Setelah membaca pengertian tadi tentu kamu sudah bisa menyimpulkan bahwa hardware adalah komponen yang selalu kamu sentuh saat mengoperasikan komputer maupun laptop, jadi kamu tidak perlu bingung lagi membedakan mana Hardware dan yang mana Software.

Fungsi Hardware

Hardware memiliki fungsi yang cukup penting untuk komputer, sebab tanpa adanya Hardware, komputer tidak akan bisa untuk dijalankan sebab kita tidak bisa mengoperasikan komputer tanpa menggunakan Hardware.

Secara umum Hardware memiliki 4 fungsi utama yaitu :
  1. Menerima Data - Ada beberapa Hardware yang fungsinya adalah untuk menerima data yang diinputkan oleh pengguna komputer ke dalam komputer.
  2. Memproses Data - Setelah data diterima oleh Hardware penerima, data tadi akan diproses oleh Hardware yang memiliki fungsi untuk memproses data.
  3. Mengeluarkan Data - Jika data sudah berhasil diproses, nantinya data tersebut akan dikeluarkan oleh Hardware output agar pengguna komputer dapat melihat atau mendengar data tadi.
  4. Menyimpan Data - Selain tiga tadi, masih ada satu lagi fungsi Hardware, yakni untuk menyimpan data. Ada beberapa Hardware yang memang digunakan untuk menyimpan data di dalam komputer agar nantinya jika dibutuhkan bisa langsung diproses tanpa harus menerima data lagi.

Jenis - Jenis Hardware

Setelah membahas mengenai pengertian hardware, sekarang kita membahas mengenai jenis - jenis Hardware. Jadi sekali membaca artikel ini kamu sudah bisa mengetahui pengertian Hardware dan jenis-jenis Hardware.

Secara umum jenis Hardware ada 4, yakni : 
  1. Hardware Penerima Data - Seperti yang sudah saya singgung di fungsi Hardware tadi bahwa ada jenis Hardware penerima data. Hardware ini fungsinya untuk menerima semua data yang diinputkan oleh pengguna seperti : data teks, gambar, suara, maupun perintah.
  2. Hardware Pemroses Data - Hardware pemroses ini adalah jenis Hardware yang tugasnya untuk memproses data, contoh sederhanya adalah prosesor
  3. Hardware Output Data - Jenis Hardware ini adalah Hardware yang fungsinya adalah untuk menampilkan data yang sudah diproses oleh Hardware pemroses data.
  4. Hardware Penyimpan Data/ Memori - Hardware jenis ini berfungsi untuk menyimpan data pengguna di dalam komputer agar sewaktu-waktu bisa digunakan.
 

Contoh Hardware

Pengertian Hardware sudah, fungsi Hardware juga sudah, sekarang masuk pada topik contoh Hardware. Disini contoh Hardware akan saya kelompokkan menurut jenis-jenis Hardware seperti di atas tadi.

Berikut adalah contoh Hardware :
  1. Hardware Penerima Data :  Keyboard, mouse, cd rom, mic, scanner, drawing pad, dan webcam.
  2. Hardware Pemroses Data : prosesor, VGA, RAM
  3. Hardware Output Data : monitor, speaker, proyektor, printer, printer 3D
  4. Hardware Penyimpan Data : flashdisk, disket, floppy disk

0 Response to "Pengertian Hardware, Jenis, Fungsi dan Contoh Hardware Komputer"

Post a Comment

Silahkan berkomentar tanpa menyinggung SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel