Pengertian Hardware, Software dan Brainware Beserta Contohnya

Pengertian Hardware, Software dan Hardware Beserta Contohnya
Hardware, Software, Brainware - RIPIUkere
Pengertian Hardware, Software dan Brainware Beserta Contohnya - Komputer memiliki 3 komponen penting agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Tiga unsur penting tadi saling bekerja sama untuk bisa menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan dengan komputer. Jika ada salah satu saja yang tidak bekerja maka komputer tidak akan bisa dipakai. Tiga unsur penting tersebut adalah hardware, software, dan brainware.

Berikut adalah pengertian hardware, software dan brainware beserta contohnya :

Pengertian Hardware dan Jenisnya Beserta Contoh Hardware

Hardware (perangkat keras) merupakan suatu komponen komputer yang bisa dilihat, disentuh dan dirasakan secara fisik, dan bertujuan sebagai wadah untuk software berjalan. Jenis Hardware :
  1. Input - Berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer yang berupa text, gambar, audio maupun video. Contohnya : scanner, mouse, keyboard, webcam, microphone, dan lain sebagainya.
  2. Proses - Perangkat hardware satu ini berfungsi untuk memproses data yang dikirim oleh perangkat input tadi dan kemudian diteruskan ke perangkat keluaran (output device). Contohnya : Prosessor.
  3. Output - Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan data yang sudah diproses agar bisa dinikmati oleh pengguna komputer. Contohnya : Printer, monitor, speaker, proyektor, dan lain sebagainya.
 

Pengertian dan Jenis Software Beserta Contohnya

Software (perangkat lunak) salah satu komponen penting komputer yang bisa dilihat namun tidak bisa dirasakan dan disentuh secara fisik. Software juga dibagi menjadi 4 jenis, berikut adalah jenis-jenis software :
  1. Sistem Operasi - Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara hardware dengan brainware. Oleh sebab itu, sistem operasi menjadi jenis software yang paling penting dan paling mendasar untuk menjalankan komputer. Contohnya : Ubuntu, Debian, Windows, MacOS, Kali Linux, dan lain sebagainya.
  2. Program Aplikasi - Merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengolah data teks, video, audio, maupun video dan biasanya digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan manusia. Contohnya : Microsoft Word, Microsoft Excel, Corel Draw, dan lain sebagainya.
  3. Program Utility - Merupakan program yang fungsinya hanya untuk membantu sistem operasi bekerja secara optimal. Contohnya : Antivirus, Browser, Winamp, CCleaner, dan lain sebagainya.
  4. Bahasa Pemrograman - Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer. Contohnya : PHP, JavaScript, Python, Ruby, C++, Java, Perl, dan lain sabagainya.
 

Pengertian dan Jenis Brainware

Brainware atau bisa juga disebut sebagai user atau pengguna adalah setiap orang atau manusia yang mengoperasikan komputer. Oleh karena itu brainware menjadi komponen yang cukup penting, sebab jika tanpa keberadaan brainware komputer tidak dapat beroperasi. Brainware juga memiliki 3 jenis yang dibedakan menjadi :
  1. Programmer - Adalah jenis pengguna komputer yang menguasai bahasa pemrograman dan bisa memberikan perintah kepada komputer. Dengan kata lain programmer adalah pembuat aplikasi atau website.
  2. Operator - Adalah jenis pengguna yang mengoperasikan komputer dan merawat komputer beserta periperalnya.
  3. Sistem Analisis - Adalah seseorang yang bertanggungjawab untuk mendesain merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat. Oleh karena itu seorang sistem analisis harus berhati-hati dalam menjalani pekerjaannya.
Demikian artikel mengenai Pengertian Hardware, Software dan Brainware Beserta Contohnya.

0 Response to "Pengertian Hardware, Software dan Brainware Beserta Contohnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar tanpa menyinggung SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel