Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Tidak Mau Mengisi Daya dan Troubleshooting



Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Tidak Mau Mengisi Daya dan Troubleshooting - Beberapa hari yang lalu saya sempat dipusingkan oleh masalah baterai laptop saya yang tidak mau mengisi daya. Awalnya saya menduga bahwa baterai laptop saya sudah rusak, karena memang umur baterai laptop saya yang sudah tua dan digunakan untuk memberi daya laptop yang saya gunakan setiap hari. Setelah saya cek berkali-kali dengan baterai lain dan charger lain, ternyata kerusakannya ada pada bagian ic power (hanya dugaan saya saja).

Setelah troubleshooting ala-ala saya dan melihat isi dompet, akhirnya saya putuskan untuk membawa laptop saya ke tempat servis komputer. Setelah dicek ternyata memang benar kerusakannya adalah listrik patah (istilah untuk bagian kelistrikan yang rusak dibagian elektronika laptop).

Dari pengalaman saya bisa diambil pelajaran bahwa mendiagnosa dan mengetahui kerusakan awal pada baterai itu diperlukan. Maka pada artikel kali ini saya akan menuliskan cara untuk mengetahui kerusakan dan memperbaiki baterai laptop yang tidak mau mengisi daya. Berikut caranya :

1. Cek Sumber Listrik yang Ada


Hal yang sering dianggap remeh ini nyatanya sering dialami oleh orang-orang. Mungkin kamu salah orang yang mengalami hal ini sekarang dan kamu sedang tersenyum sendiri saat membaca artikel ini karena keteledoranmu.

Tidak perlu panik, saat kamu menyadari bahwa baterai laptopmu tidak sedang mengisi walaupun pada awalnya baterai laptopmu dapat mengisi dengan baik. Sebaiknya kamu pastikan dulu apakah sekring tempat kamu mengisi daya masih dialiri listrik atau tidak. Karena kadang jika kamu di tempat umum sekring listriknya ada yang dimatikan sehingga tidak dialiri listrik lagi.

Baca juga : Ikuti 5 Tips Ini agar Smartphone Kamu Lebih Awet


2. Cek Kabel Charger Laptop


Jika poin pertama sudah kamu lakukan dan ternyata terdapat sumber listrik maka selanjutnya cek kabel charger laptopmu. Kerusakan kabel charger ini sangat sering terjadi, penyebabnya bisa jadi karena tertarik, tertekuk dan sebagainya. Jika sumber listrik ada namun lampu indikator pengisian daya di laptopmu tidak hidup coba untuk meminjam charger laptop dengan jenis yang sama. Tidak perlu benar-benar dengan seri yang sama.

Saat saya melakukan troubleshooting pada laptop saya, saya meminjam charger laptop teman saya yang memiliki kepala charger lebih besar (ukuran colokan tetap sama) tetap bisa. Jika ternyata saat menggunakan charger lain baterai laptopmu dapat mengisi daya artinya kerusakan ada pada charger laptopmu. Namun jika ternyata tetap tidak bisa, coba untuk mengisi daya laptop temanmu dengan charger milikmu jika bisa artinya bukan chargermu yang bermasalah.

Tips : kamu tidak harus mencari charger dengan ampere yang sama persis dengan charger lama kamu. Tapi alangkah baiknya sama persis dengan charger lama kamu. Jika terpaksanya tidak ada, kamu bisa membeli charger dengan ampere yang lebih besar dari charger lama milikmu.

3. Cek Baterai Laptop Milikmu


Cek sumber listrik sudah, cek kabel charger laptop juga sudah, tapi kok tetap tidak bisa ? tenang, mari ambil kopi, kemudian sesap perlahan dan mari lajutkan troubleshooting kita. Jika ternyata bukan chargermu yang rusak ada kemungkinan baterai laptopmu lah yang bermasalah, jika memang baterainya siapkan uang yang cukup banyak, karena harga baterai laptop tidaklah murah.

cara mengecek baterai laptop :
  1. Pastikan lampu indikator pengisian daya di laptopmu menyala
  2. coba untuk melihat icon baterai di pojok kanan laptop, jika normal coba restart laptopmu
  3. Jika poin kedua gagal, coba install ulang driver bateraimu
  4. Jika poin ketiga juga gagal, coba tunggu baterai laptopmu hingga habis
  5. Jika laptop sudah kehabisan baterai dan mati, coba untuk menghubungkan laptopmu dengan sumber listrik dan coba nyalakan laptopmu. Jika dapat hidup dan ada icon baterai disilang atau ada tanda seru di pojok kanan bawah artinya bateraimu lah yang bermasalah. Jika tidak bisa menyala artinya ada kerusakan pada bagian elektronika.

4.  Cek Konektor Charger


Sebelum memvonis bahwa kerusakan laptopmu ada pada komponen elektronika, coba untuk membersihkan konektor chager laptopmu dengan menggunakan tisu. Selain membersihkan konektor, coba untuk membongkar laptopmu (jika kamu berani) dan copot kemudian pasang bateraimu serta bersihkan bagian baterai laptopmu.

Walaupun cara tersebut kurang ampuh tapi kadang saya menemukan beberapa laptop sembuh setelah mendapat perawatan sederha tadi. Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan dan ternyata baterai laptopmu tetap tidak mau mengisi daya artinya ada kerusakan pada komponen elektronikanya atau biasa yang disebut dengan istilah listrik patah. Jika memang komponen elektronika laptopmu yang rusak artinya kamu harus merogoh dompet cukup dalam, sebab saya saja habis sekitar 500 ribuan untuk servis komponen elektronika di laptop saya.

Jika ada pertanyaan seputar baterai laptop yang tidak mau mengisi daya, atau ciri-ciri baterai laptop rusak, ciri-ciri bagian elektronika laptop rusak bisa tinggalkan komentar di artikel ini. Terimakasih. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Tidak Mau Mengisi Daya dan Troubleshooting"

Post a Comment

Silahkan berkomentar tanpa menyinggung SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel