Cara Mengetahui Jenis Partisi Hardisk, Tipe MBR atau GPT

Mengetahui jenis partisi hardisk sebelum melakukan install ulang sistem operasi adalah hal yang disarankan, agar tidak terjadi kendala ketika proses melakukan install ulang berjalan. Banyak orang awam yang harus rela kehilangan datanya karena hardisk mereka harus diformat akibat menggunakan partisi GPT.

Untuk itu biarkan bang ripiu jelaskan sedikit apa itu MBR dan GPT. Master Boot Record  (MBR) adalah informasi yang ada pada sektor pertama pada hardisk yang bertujuan untuk mengidentifikasi dimana lokasi sistem operasi disimpan.

Sedangkan Guid Partition Table (GPT) adalah bagian dari sistem EFI atau yang lebih dikenal dengan UEFI, yang mana sistem ini lebih unggul dari program lama yaitu BIOS. GPT ini mendefinisikan standar layout tabel partisi pada hard disk menggunakan Global Uniqui Identifier.

Perbedaan antara MBR dan GPT
1. MBR hanya mendukung penyimpanan hingga 2000GB atau 2 TB saja, sedangkan untuk GPT sendiri bisa mendukung kapasitas penyimpanan hingga 9000 TB atau setara dengan 9 ZB
2. MBR hanya dapat dibagi 4 partisi hard disk saja, sedangkan untuk GPT bisa mencapai 128 partisi.

Itulah sedikit pembahasan tentang MBR dan GPT, baiklah masuk ke pembahasan utama, berikut adalah langkah - langkah mengetahui tipe hard disk kamu :

1. Buka Windows Explorer kamu

2. Klik kanan pada This Pc, kemudian pilih manage

3. Langkah selanjutnya pilih Disk Management

4. Kemudian pilih Disk 0

5. langkah terakhir cek disitu, jika tertulis convert to GPT disk, maka jenis partisi kamu MBR, begitupun juga sebaliknya.

Baiklah itu lah beberapa langkah untuk mengetahui partisi kita GPT atau MBR, jika kamu kira arikel ini bermanfaat silahkan share dan jangan lupa like fanspage bang ripiu, Terimakasih.






0 Response to "Cara Mengetahui Jenis Partisi Hardisk, Tipe MBR atau GPT"

Post a Comment

Silahkan berkomentar tanpa menyinggung SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel